We Are Your Better Import Solutions

Tips Penting dalam Pengepakan Barang


tips-penting-dalam-pengepakan-barang

06 November 2012

Beberapa tahun belakangan transaksi jual beli secara online kian berkembang pesat. Dari tahun ke tahun tingkat kepercayaan pembeli juga sudah mulai meningkat seiring kemudahan dalam pengiriman barang dari satu tempat ke tempat lainnya. Kelancaran dan kemudahan pengiriman barng tersebut tentunya tidak bisa lepas dari andil jasa pengiriman barang yang sekarang juga sudah mulai menjamur. Banyak orang yang mulai terjun dalam usaha jasa ini mulai dari yang skala kecil sampai skala besar.

Semakin banyaknya jasa pengiriman tersebut mengharuskan para pemilik toko online maupun yang hanya menggunakan jasa pengiriman untuk kepentingan pribadi untuk lebih selektif dalam memilih perusahaan jasa pengiriman. Tentu anda sering mendengar atau bahan pernah mengalami kekecewaan akibat pelayanan yang kurang baik dari jasa pengiriman, misalnya terjadi kerusakan barang atau barang tertukar. Untuk itu anda perlu menyimak beberapa tips penting dalam pengepakan barang berikut ini.

Namun begitu terjadinya kerusakan barang saat pengiriman bukan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pihak penyedia jasa pengiriman. Kesalahan pada saat pengepakan barang bisa jadi adalah merupakan penyebabnya.

  1. Memilih Box yang tepat

Pilihlah box atau kotak pembungkus yang tepat dan kuat agar barang yang ada di dalamnya terlindungi. Jangan lupa juga untuk menyisakan ruang sebagai tempat bantalan. Jika anda menggunakan kotak bekas sebaikanya hapus atau coret label aslinya, sehingga label aslinya tertutup. Pastikan kondisi kotak masih layak pakai. Jangan menggunakankotak yang terbuat dari bahan yang tipis seperti kotak susu atau sepatu.

Gunakan pelindung di sekitar barang.

Adanya pelindung akan meminimalisir kerusakan barang utamanya barang yang gampang pecah. Sebagai bahan bantalan anda dapat menggunakan Styrofoam, koran bekas yang diremas, gelembung bungkus, dan sebagainya. Pastikan bantalan pelindung telah mencakup semua sisi barang agar tidak terjadi pergeseran. Jika anda melakukan pengiriman beberapa item dalam 1 box, maka hendaknya setiap barang ibungkus masing-masing dan jangan dicampur jadi satu.

Berikan perlindungan extra untuk barang-barang yang mudah rapuh atau patah seperti barang berbahan keramik atau kaca, barang elektronik, cairan, atau bahan-bahan kimia berbahaya. Untukbaran yang mudah pecah bisa ditambah dengan packing kayu agar ebih aman. Untuk barang elektonik yang menggunakan baterai sebaikanya anda memisahkan baterai dari perangkat dan membungkusnya secara terpisah.

Usahakan untuk mengocok barang secara pelan setelah proses pengepakan. Tujuannya adalah untuk mengetahui barang telah dibungkus dengan baik dan tidak ada pergesera

Gunakan segel

Tutup kedua bagian atas dan bagian bawah kotak serapat mungkin.

Pastikan penulisan alamat sudah benar

Selain alamat lengkap cantumkan juga no telpon orang yang dituju agar pihak jasa pengiriman bisa menghubungi jika ada masalah dalam pengiriman.